KAMPUNG TANGGUH SEMERU , WUJUD KEKOMPAKAN HADAPI PANDEMI


 2020-06-25 |  Admin Bagor

Terbentuknya Kampung Tangguh Semeru di desa desa terbukti mampu menguatkan pemberdayaan masyarakat, khususnya dalam hal ketahanan pangan dan kesiapsiagaan masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Kampung Tangguh Semeru di Desa Banaran Kulon , Kecamatan Bagor , Jawa Timur mendapat apresiasi dari Camat Bagor ,Suwandi, karena dinilai berperan penting menekan penyebaran virus COVID-19, dan juga menguatkan pemberdayaan masyarakat di wilayah perdesaan di tengah pandemi virus COVID-19 saat ini.

''Apresiasi setinggi-tingginya, atas peran serta warga, perangkat desa, para relawan dan berbagai instansi yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan Kampung Tangguh Semeru semoga sesuai slogannya , sehat aman tertib rukun ,Banaran Kulon bisa menjadi contoh desa-desa lainnya," katanya di sela kegiatan kunjungan di Desa Banaran Kulon , Kamis 25 Juni 2020.

Ia mengemukakan keberadaan Kampung Tangguh Semeru itu terbukti mampu menguatkan pemberdayaan masyarakat, khususnya dalam hal ketahanan pangan di tengah pandemi COVID-19.

"Konsep Kampung Tangguh Semeru mencakup banyak aspek ketahanan yakni, membuat masyarakat tangguh dalam bidang kesehatan, SDM, keamanan, informasi, budaya dan tangguh logistik," katanya.

Kepala Desa Banaran Kulon Mujiono berharap dengan kampung tangguh semeru ini bisa menambah wawasan warganya dalam menghadapi wabah Covid-19. ''Banaran Kulon sebagai salah satu daerah sumber komoditas bawang merah , saya yakin warga kami bisa menghadapi situasi ini, khususnya di bidang ekonomi .Tak terkecuali dengan aspek lainnya, dia juga akan selalu menjaga aspek keamanan, sosial budaya serta stok logistik atau pangan.'' Pungkasnya