KIPRAH E-WARONG KECAMATAN BAGOR DI ERA PANDEMI


 2020-07-27 |  Admin Bagor

Pastikan kualitas komoditas bansos E-Warong , Pemkab Nganjuk melalui Dinas Sosial PPPA laksanakan monitoring penyaluran komoditas beras dibeberapa E-Warong Kecamatan Bagor. Monitoring dan pendampingan dilaksanakan pada hari Minggu, 26 Juli 2020.

E-Warong merupakan agen bank, pedagang dan/atau pihak lain yang telah bekerja sama dengan Bank Penyalur dan ditentukan sebagai tempat penarikan/pembelian bantuan sosial oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kemensos.

Secara umum E-Warong biasanya berbentuk Usaha Kecil, Mikro, dan Koperasi, Pasar Tradisional, Warung, Toko Kelontong, E-Warong KUBE, Warung Desa, Rumah Pangan Kita, Toko Tani, Agen Laku Pandai, dan lain-lain.

Program Sembako komoditas pangan yang dapat dibeli juga diperluas. Semula KPM hanya dapat membeli beras dan telur. Pada Program Sembako tahun ini, KPM dapat membeli sumber karbohidrat seperti beras, sagu, jagung.

Ada juga sumber protein hewani telur, jagung, ayam, ikan segar. Sumber protein nabati kacang-kacangan (termasuk tahu dan tempe), dan sumber vitamin dan mineral sayur mayur, dan buah-buahan. Untuk program bansos terdampak Covid-19 saat ini, di Kecamatan Bagor , Kabupaten Nganjuk terdapat 2.771 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Komoditas Beras telah disalurkan. Sedangkan komoditas lainnya akan disalurkan bertahap.

Penerima KPM dapat memanfaatkan dana bantuan melalui pembelian bahan pangan di E-Warong yakni berupa alat pembayaran yang digunakan adalah Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang berfungsi sebagai uang elektronik.