PPID DESA, MEDIA KETERBUKAAN DESA DI ERA DIGITAL


 2020-07-28 |  Admin Bagor

Kesadaran Desa dalam keterbukaan informasi publik sangat ditunggu masyarakat. Untuk itu Peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) sebagai media untuk menghubungkan kepentingan masyarakat dan pemerintah sangatlah besar. Salah satu desa yang mulai berbenah meningkatkan pelayanan informasi publik adalah Desa Sekarputih , Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk.

Menurut Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bertanggung jawab, melalui penerapan prinsip-prinsip akuntabilitas, transparansi, dan supremasi hukum serta melibatkan partisipasi masyarakat dalam setiap proses kebijakan publik. Proses keterlibatan masyarakat perlu diakomodasikan dengan cara mempermudah jaminan akses informasi publik berdasarkan pedoman pengelolaan informasi publik dan dokumentasi.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kab.Nganjuk  mengadakan pra pembinaan di Desa Sekarputih . Pembinaan dengan berbagai cara, seperti rapat secara virtual,tim Kominfo juga datang langsung ke kantor desa Sekarputih (27/07/2020). Bahkan Kepala Desa Sekarputih, Hj. Andri Sulasmi datang langsung ke Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Nganjuk untuk sharing penerapan PPID di desanya.

Diharapkan dengan adanya inisiatif keterbukaan informasi publik ini dapat meningkatkan kepercayaan , khususnya masyarakat Desa Sekarputih pada pemerintah Desa , sehingga pembangunan dan kondusifitas Desa menjadi terjaga.