TASYAKURAN HSN, MAS NOVI AJAK SANTRI RAPATKAN BARISAN MEMPERTAHANKAN NKRI


 2020-10-27 |  Admin Bagor

Puncak Hari Santri Nasional (HSN) di Kabupaten Nganjuk diperingati dengan Tasyakuran yang diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Nganjuk pada Sabtu, 24 Oktober 2020. Dihadiri oleh Bupati Nganjuk Mas Novi, serta K.H. Ahmad Muwafiq atau yang lebih dikenal dengan Gus Muwafiq. Serta dihadiri oleh tokoh-tokoh Kyai di Nganjuk dan santriwan santriwati se-Kabupaten Nganjuk. Tak hanya digelar di Pendopo, acara tasyakuran ini juga diadakan di 20 Kecamatan, secara virtual.

Acara diawali dengan drama kolosal pendek dengan judul "Laskar Santri Nyawiji". Yang diperagakan oleh seniman-seniman santri. Drama tersebut menggambarkan peran santri dalam memperjuangkan kemerdekaan RI.

Dalam sambutannya, Mas Novi kembali mengajak santri untuk tetap menjaga dan mempertahankan persatuan NKRI. "Setelah melihat drama kolosal tadi, kita tahu bagaimana pentingnya santri dalam kemerdekaan, karena itu kita sebagai penerus jangan sampai lupa dan lalai dengan perjuangan para pendahulu, kita harus tetap menjaga keutuhan NKRI," terangnya.

Tasyakuran ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Nganjuk, didampingi para tokoh santri, sebagai simbol syukuran dan selamatan. Acara dilanjutkan dengan pengajian umum yang diberikan oleh Gus Muwafiq.